Widodo

Memilih Layanan Hosting Yang Tepat dan Terbaik

Bagaimana sih memilih hosting terbaik? bingungkan bagi kamu yang masih pemula atau baru pertama kali ingin membeli web hosting agar website kamu bisa di akses.

Disini saya mau berbagi Tips cara tepat memilih web hosting terbaik dan fitur penting yang harus kamu memiliki apa saja yang perlu di perhatikan bagi kamu yang ingin membeli web hosting.

Biasanya para penjual hosting pasti akan memberikan penjelasan mengenai fitur-fitur hebat yang dimiliki penjual, tapi terkadang itu malah akan membuat kamu bingung karena banyak istilah teknis yang tidak kamu pahami.

Namun, sebelum Kamu melihat apa saja  yang harus diperhatikan saat memilih  hosting terbaik bagi Kamu, silahkan tonton video di bawah ini untuk  Optimasi Kecepatan Website dengan Litespeed

Selain itu, yuk simak juga definisi singkat tentang hosting dan jenis-jenisnya.

Apa sih itu hosting itu?

Bila dijelaskan dengan cara sederhannya, web hosting merupakan suatu tempat di mana orang-orang yang memiliki website menyimpan semua data atau isi website kamu dan dapat diakses melalui jaringan internet.  Kamu dapat menyimpan file website kamu dalam hosting seperti file gambar, video dan file lainya.

Jenis-jenis hosting

Ada 4 jenis hosting server  yang sudah tersedia  dan dapat Kamu pilih untuk meyesuaikan kebutuhkan  kamu berikut ini 4 jenis hosting server. 

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan jenis web hosting yang paling populer. Karena mudah digunakan bagi yang pertama memiliki website dan biayanya yang relatif murah dan ini sngat cocok bagi kamu yang masih pemula. Keamanan, pembaruan, dan pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan hosting. Kelebihan dari Shared hosting ini harga sangat terjangkau dan untuk keamanan, pembaruan, dan pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan hosting. Kekurangan sendiri karena banyak website yang berjalan di server yang sama, terkadang menyebabkan akses sedikit lambat.

2. Virtual Private Server (VPS) Hosting

Virtual Private Server hosting ini   adalah sebuah server virtual yang bekerja layaknya dedicated/private server, yang kemudian terbagi lagi menjadi beberapa server virtual yang lebih kecil.

Jika diumpamakan, VPS seperti sebuah apartment dimana Kamu tinggal bersamaan dalam satu gednung dengan orang lain namun bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan apartment Kamu. VPS ini berjalan sendiri-sendiri dan tidak terpengaruh oleh kinerja dari server lain. Dengan menggunakan VPS maka Kamu dapat memiliki sebuah server pribadi, menjalankan sistem operasi pribadi dan bahkan melakukan rebooted secara inpidual.

3. Dedicated Server Hosting

Dedicated Server merupakan salah satu tipe hosting yang menawarkan sebuah server secara penuh server untuk di gunakan oleh website pelanggan tersebut. Artinya, jika kamu memutuskan untuk menyewa sebuah layanan hosting dedicated server, maka Kamu akan mendapatkan akses sepenuhnya terhadap sebuah server. Kamu bisa menentukan sistem operasi, spesifikasi hardware server, dan pengaturan-pengaturan lain yang biasanya dibatasi pada tipe hosting yang lain untuk layanan hosting ini relative lebih mahal dibandingan Shared hosting maupun VPS.

4. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan layanan hosting yang menawarkan kemampuan yang tak terbatas dalam mengenai traffic website yang tinggi. Cloud server memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Hal ini mempermudah kamu yang ingin menyimpan data website atau aplikasi kamu  sehingga data tersebut dapat tersimpan bertahun-tahun selama server tersebut masih aktif.

 

Jika kamu sudah paham mengenai definisi singkat tentang hosting berikut ini beberapa hal di bawah ini yang harus Kamu perhatikan ketika berencana menyewa tempat hosting.

 

Spesifikasi Hosting yang kamu butukan

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin menyewa tempat hosting adalah spek yang kamu butuhkan untuk  mengonlinekan website kamu. Jika hanya untuk belajar sebagai blog personal, maka kamu tidak perlu membutuhkan sebuah hosting yang kapasitasnya cukup besar dan harganya yang mahal. Kalaupun nanti website kamu berkembang dan ingin merubah kapsitas datanya, kamu tinggal upgrade saja ke hosting yang lebih biak karena itu mudah sekali dilakukan.

Lokasi Server

Memilih lokasi server  jika target pengunjung website Kamu berasal dari Indonesia,  maka lokasi server yang kamu milih harus berada di diwilayah indonesia agar website kamu lebih cepat di akses, selain itu kamu juga mendapatkan kemudahan seperti support bahasa indonesia maupun support lainya.

Memiliki Softaculous

Adalah salah satu fitur tambahan yang bisa yang dapat kamu tambah pada server yang menggunakan Cpanel atau Direct Admin, fungsinya untuk memudahkan dalam installasi sebuah CMS seperti Worpress, Prestashop, OpenChart maupun beberapa CMS lainya,  dengan menggunakan Softaculous tidak perlu lagi upload atau installasi web instan Kamu ke server. kerena dengan menggunakan Softaculous ini lebih cepat dalam installasinya.

Kapasitas Penyimpanan/Disk space

Disk space hosting adalah besarnya nilai kapasitas penyimpanan sebuah web hosting. Sebagai contohnya, kamu membeli paket web hosting di niagahoster dari Tempat hosting, kapasitas penyimpanan data yang kamu dapatkan adalah 500MB. Kapasitas penyimpanan ini fungsinya  untuk menampung database, file-file website dan email. Kalo website kamu sudah makin kompleks, ada kemungkinan suatu saat kapasitas hosting kamu penuh dan website maupun email biasanya tidak bisa berjalan dengan normal karena sudah overquota disk spacenya, dan kalau hal itu terjadi pilihannya hanya ada dua, yakni kamu menghapus file-file yang kira-kiranya sudah tidak diperlukan termasuk juga atau, atau kamu mempertimbangkan melakukan upgrade paket hosting ke yang lebih tinggi lagi diatasnya.

Bandwidth

Bandwidth merupakan ukuran yang diberikan ISP ( Internet Service Provider), seberapa lebar spectrum yang dihantarkan sesuai lebarnya jalur komunikasi untuk menampung kapasitas data atau bisa di bilang juga akses website secara bersamaan.

Bahasa mudahnya adalah Misal nya teman-teman kamu membuka sebuah website, kemudian beberapa orang lagi yang kita nggak tahu siapa  membuka website yang sama maka hal ini yang akan dihitung sebagai bandwidth.

Hosting Super Cepat & Keamanan Website Extra

Jika kamu memiliki sebuah website blog personal maupun toko online biasanya pengunjung tidak suka website yang lambat, nah dengan dukungan LiteSpeed Web Server waktu loading website kamu akan meningkat pesat,  selain itu Teknologi keamanan Imunify 360 memungkinkan website Anda terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat. kamu bisa memilih layanan hosting ini dengan prioritas yang cepat di Hosting Murah Indonesia Niagahoster.

Domain dan SSL Gratis

Jika kamu memiliki, domain memiliki peran yang sangat penting, tidak hanya sekedar agar user dapat dengan mudah mengakses halaman web kamu tanpa harus menuliskan alamat IP server,   Sedangkan SSL Secara umum, Kegunaan utamanya adalah untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data ketika melakukan transaksi pada website kamu. Jika kamu mengingikan dan mendapatkan Domain & sertifikat SSL GRATIS kami sarankan untuk beli domain niagahoster selain itu juga menyediakan domain GRATIS sesuai dengan tipe paket hosting yang di sediakan niagahoster.

Kemudahan Penggunaan CPanel

Panel kontrol hosting yang user-friendly dan fungsional dengan fitur terlengkap. Softaculous, Site Builder, Email, Auto Responder, Auto Backup, SEO Tools dan banyak lagi adalah satu kriteria yang penting dalam memilih provider hosting Kamu. Panel kontrol hosting yang user-friendly akan memudahkan kamu untuk mengelola pengaturan domain, hosting ataupun website.

Jika Anda menggunakan layanan niagahoster,  Kamu tidak perlu khawatir mengenai cPanel karena panel kontrol ini sudah  user-friendly dan fungsional.

Email pada Domain Anda

Jika Anda ingin meng-host akun email bersama dengan situs web Anda, maka Anda harus memastikan bahwa provider hosting Anda menawarkan fitur email sebelum mendaftar. Sebagian besar perusahaan hosting biasanya memiliki kemampuan untuk meng-host email Anda sendiri (seperti email@yourdomain.com) tapi tentu ada baiknya Anda memastikan bahwa fitur ini ditawarkan.

Memiliki Addon Domain

Fungsi addon domain adalah untuk menambah domain baru tanpa harus membeli layanan hosting, Kamu cukup menambah domain pada hosting yang sebelumnya sudah ada domain yang terpasang, jadi Addon Domain merupakan domain kedua, tiga dan seterusnya dalam 1 layanan web hosting.

Customer Support 24/7 dengan Live Chat

Customer support 24/7 akan sangat membantu bagi kamu ini adalah salah satu fitur yang menarik bagi banyak pelanggan, Live chat menjadi pilihan untuk komunikasi membantu pelanggan ketika menghadapi masalah. Dengan live chat penyedia hosting bisa menyediakan dokumentasi komprehensif tentang masalah yang kamu hadapi.

 

Itulah beberapa tips dalam memilih layanan hosting yang tepat. semoga artikel ini  dapat membantu memilih layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan kamu.



0 Komentar


Copyright © 2015 S-widodo.com Digital marketing